Templates by BIGtheme NET
Home / UNIMUS JALANI PROSES VISITASI AIPT

UNIMUS JALANI PROSES VISITASI AIPT

Semarang │UNIMUS ǀ Minggu-Selasa (24-26/02/2016) Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) menjalani visitasi Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Kegiatan visitasi mendapat dukungan penuh dari civitas akademika Unimus. Tim assessor yang hadir dalam visitasi ini diantaranya: Prof. Dr. dr. Alimin Maidin, MPH.; Suparto, S.Ag., M.Ed., Ph.D.; Prof. Dr. Gede Sri Darma; dan Dr. Ir. Sudaryanto, M.Sc. Keempat assessor tersebut diterima di Rektorat oleh Rektor (Prof. Dr. Masrukhi, M.Pd.) didampingi para Wakil Rektor dan jajaran pimpinan tingkat Fakultas serta dihadiri pula oleh Ketua Badan Pembina Harian (H. Widadi, SH.).

1Sebelum menjalani visitasi, sesuai tahapan akreditasi institusi, maka portofolio perguruan tinggi terlebih dahulu diverifikasi guna pemenuhan persyaratan awal oleh tim khusus BAN-PT. Kemudian dilanjutkan dengan assesmen kecukupan dan assesmen lapangan. Sebelum assesmen lapangan dilakukan, Rektor memaparkan sekilas mengenai profil Unimus mulai dari tenaga pengajar, sarana prasarana, gedung perkuliahan, dan master plan unimus. Kegiatan berlanjut dengan verifikasi data oleh para asesor terkait kesesuaian borang yang dikirim dengan data dan bukti fisik yang ada di lapangan. Sembari verifikasi data para asesor memberikan pertanyaan berkaitan dengan kelengkapan data kepada para pimpinan lembaga/badan/biro terkait. Usai verifikasi data para asssesor berkeliling untuk melihat sarana prasarana di Unimus, mulai dari ruangan dan laboratorium yang ada di Gedung NRC, kemudian dilanjutkan ke Laboratorium Terpadu dan Rusunawa Unimus. Semua assesor menyampaikan hal-hal positif terkait sarana dan prasarana di Unimus.2Acara selanjutnya yaitu wawancara dengan dosen, mahasiswa, alumni, dan stakeholders. Wawancara ini dibagi menjadi dua ruang di mana di ruang mahasiswa, alumni, dan pengguna bersama assesor Suparto, S.Ag., M.Ed.,Ph.D dan Prof. Dr. Gede Sri Darma. Ruang Dosen bersama Prof. Dr. dr. Alimin Maidin, MPH dan Dr. Ir. Sudaryanto, M.Sc. beberapa pertanyaan diberikan oleh assesor dan dijawab sesuai data yang benar oleh mahasiswa, alumni, pengguna, maupun dosen.3

Kemudian para assesor berdiskusi terkait nilai visitasi dan memberi waktu kepada ketua UPT/Biro serta Pimpinan Fakultas untuk mengklarifikasi apakah ada kesalahan sesuai dengan kelompok standar, sehingga usai di klarifikasi dapat dilaporkan kembali pada assesor.

4Visitasi AIPT Unimus diakhiri dengan tanda tangan dan penyerahan berita acara oleh assesor kepada Rektor secara transparansi dengan kesepakatan assesor dan Unimus.

5Harapan terselenggaranya visitasi ini adalah Unimus mendapatkan nilai yang lebih baik dan meningkat.678910111213

Sumber: UKM Komunikasi dan UPT Humas-JIPC unimus.ac.id

About admin