Pembekalan Magang Kependidikan 2020/2021 – Seri I

Semarang | Membahas mengenai Pandemi Covid-19 seperti yang dirasakan saat ini tentu memberikan dampak yang luar biasa. Pembelajaran yang sebelumnya dilakukan secara klasikal, mau tidak mau saat ini harus dilakukan dengan cara jarak jauh (daring). Namun sebenarnya, apabila mau berpikir positif adanya Pandemi Covid-19 ini justru sebenarnya mengakselerasi pendidikan 4.0 dimana kegiatan pembelajaran harus dilakukan dengan memanfaatkan teknologi.

Berangkat dari hal tersebut, Program Studi (Prodi) Pendidikan Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) melakukan pembekalan kepada 23 mahasiswa dari prodi S1 Pendidikan Matematika, 29 mahasiswa dari S1 Pendidikan Kimia dan 18 mahasiswa dari S1 Pendidikan Bahas Inggris, pada Senin (10/08/2020) secara online. Mereka dibekali untuk persiapan program magang kependidikan yang akan dilaksanakan di beberapa sekolah di kota Semarang diantaranya SMA Negeri 15 Semarang, SMA Negeri 9 Semarang, SMA Negeri 2 Semarang dan MAN 1 Semarang pada 18 Agustus 2020 hingga 10 November 2020.

Mengusung tema “Calon Guru yang Siap Teknologi”, acara menghadirkan pembicara secara virtual yakni Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom dengan paparan Topik “Pembelajaran Daring di Masa Pandemi”, dilanjutkan pembicara kedua Hindriyanto Dwi Purnomo, S.T., MIT, Ph.D dengan topik “Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan”. Menyusul kemudian topik “Pedacybergogy : Seni Mengajar era Flipped Classroom” oleh Andari Puji Astuti, M.Pd dan topik “Kreativitas Pembuatan Media Interaktif dalam Pembelajaran Daring” yang dipaparkan oleh Venissa Dian Mawarsari, M.Pd.

Hadir untuk memberikan sambutan sekaligus membuka acara, Ka. Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Penjaminan Mutu Unimus Dr. Edy Soesanto, S.Kp, M.Kes. Pihaknya menyampaikan bahwa membutuhkan kreativitas pembelajaran di era pandemi Covid-19. “Pembelajaran di masa Covid-19 ini terdapat beberapa kendala, seperti proses penyampaian materi dalam ruang dan waktu yang relatif lebih terbatas sehingga berpotensi menimbulkan kejenuhan pada peserta didik saat belajar dari rumah. Oleh karenanya diperlukan kreasi dan kreativitas dari pendidik. Dan acara hari ini diharapkan bisa menjadi bekal untuk mahasiswa magang kependidikan agar dapat menghadirkan pendidikan yang efektif bagi peserta didik nanti, “ paparnya.