Templates by BIGtheme NET
Home / Kegiatan Mahasiswa / Unimus-Balai Bahasa Jateng Gelar Bengkel Sastra
21-05-2017-unimus-bengkel2-768x576

Unimus-Balai Bahasa Jateng Gelar Bengkel Sastra

SEMARANG – Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) bekerjasama dengan Balai Bahasa Propinsi Jateng menggelar kegiatan Bengkel Sastra Indonesia di kampus setempat selama 3 hari, akhir pekan lalu.

Hari pertama diawali dengan sambutan  Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Drs Pardi MHum dan Dekan Fakultas Bahasa dan Budaya Asing (FBBA) Unimus Yesika Maya Oktarani SS MHum. Dilanjutkan orientasi literasi oleh Dr Djoko Setyo Hartono (dosen Unimus), cerpenis ternama S. Prasetyo Utomo dan sastrawan yang sekaligus jurnalis senior Saroni Asikin.

Bengkel Sastra diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan budaya lietarasi pada mahasiswa. Khususnya pada penciptaan karya sastra yaitu cerpen. Kegiatan yang dikoordinir oleh Yunita Nugraheni diikuti  40 mahasiswa Unimus dari berbagai fakultas.

“Hari pertama mahasiswa diminta membuat cerpen kemudian diulas oleh Saroni Asikin di hari kedua. Hari ketiga mahasiswa saling memberi ulasan pada cerpen yang diciptakan. Adapun cerpen terbaik menurut Saroni Asikin yaitu karya Sri Winda Utami dengan judul “Sepi itu dirimu”” ujar Yunita Nurgraheni.

Bengkel Sastra, ujar Yunita, menuntut mahasiswa untuk berkreasi dalam penciptaan, pengembangan ide, dan pnyuntingan cerpen yang baik dan benar. Selain itu, Desi Ari Pressanti dari Balai Bahasa Jateng juga memberikan ulasan mengenai cerpen karya mahasiswa.

Selanjutnya mahasiswa diminta untuk merevisi cerpen yang mereka tulis sesuai ulasan dari pemateri. Karya sastra mahasiswa tersebut rencananya akan diterbitkan dalam bentuk antologi cerpen oleh Balai Bahasa Jawa Tengah. Melalui Bengkel Sastra, diharapkan mahasiswa bisa mengembangkan ide dan menciptakan karya-karya sastra baru dalam berliterasi. (ks01)

ket foto: Saroni Asikin (kiri) saat menyerahkan buku kepada penulis cerpen terbaik SriWinda Utami  (foto dok)

Source:  http://www.kampussemarang.com/unimus-balai-bahasa-jateng-gelar-bengkel-sastra/

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*