Templates by BIGtheme NET
Home / PELANTIKAN, ORASI DAN MASTA MAHASISWA BARU UNIMUS

PELANTIKAN, ORASI DAN MASTA MAHASISWA BARU UNIMUS

PELANTIKAN, ORASI DAN MASTA MAHASISWA BARU UNIMUS

Universitas Muhammadiyah Semarang (UNIMUS) pada hari Selasa tanggal 11 September 2011 atau bertepatan dengan tanggal 24 Syawal 1433 H mengadakan Pelantikan Mahasiswa Baru, Orientasi Almamater dan Organisasi (ORASI) serta Masa Ta’aruf (MASTA) 2012 di Halaman Kampus Terpadu UNIMUS, Jl. Kedungmundu Raya No. 18 Semarang.

Pada tahun akademik 2012/2013 ini, kepercayaan mayarakat terhadap Universitas Muhammadiyah Semarang meningkat tajam. Hal ini dapat dilihat dari animo pendaftar, lolos seleksi, dan jumlah mahasiswa baru. Statistik menunjukkan bahwa pendaftar meningkat hingga 95% peserta seleksi yang dinyatakan lulus meningkat 35%, dan jumlah mahasiswa baru meningkat lebih dari 27%. Peningkatan ini tersebar pada semua program studi. Lonjakan pendaftar ini secara otomatis berkorelasi dengan peningkatan calon mahasiswa baru yang diterima yang tahun ini sebanyak 866 mahasiswa.

Mahasiswa Baru UNIMUS 2012/2013”Alhamdulillah, kepercayaan masyarakat terhadap kami makin tinggi, ”jelas rektor UNIMUS Prof Dr Djamaluddin Darwis MA sesaat setelah memimpin upacara penerimaan mahasiswa baru di halaman Kampus Jalan Kedungmundu Raya 18 Semarang. Lebih lanjut, Wakil Rektor I Bidang Akademik, Dr. Ir. Nurrahman, M.Si melaporkan bahwa distribusi peminat, pendaftar, dan mahasiswa baru tersebar pada lebih dari 15 provinsi di Indonesia, dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua.

Peminat Program studi Pendidikan Dokter paling tinggi dan tersebar luas. Namun tidak ketinggalan pula, peningkatan terjadi di semua program studi. Hal ini seiring dengan peningkatan posisi UNIMUS di kancah internasional, khususnya menurut lembaga perankingan perguruan tinggi dunia, Webometrics. Pada bulan Juli 2011, UNIMUS berada di posisi 10.355, bulan Januari 2012 naik ke 8.348, dan bulan Juli tahun 2012 menjadi 7.239. Hal lain yang turut mendongkrak kepercayaan masyarakat terhadap UNIMUS adalah terakreditasinya semua program studi pada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), dan kerjasama internasional UNIMUS dengan berbagai negara di Asia Tenggara dan Timur Tengah, dan Eropa.

Sementara itu Humas UNIMUS, Sukojo, SS mengatakan bahwa UNIMUS dalam menerima dan menyeleksi mahasiswa baru dilakukan secara ketat sehingga terpilih calon mahasiswa baru yang berkualitas sejumlah 866 orang. UNIMUS menjamin mutu proses pendidikan dan menyiapkan lulusannya menjadi bagian dari komunitas global serta menjadi profesional dibidangnya untuk memasuki pasar kerja internasional.

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan seseorang untuk belajar, bermasyarakat, bekerja di tempat yang baru adalah kemauan dan kemampuan orang tersebut dalam mengenali dan memahami lingkungan barunya. Berpijak dari pemikiran inilah kegiatan ORASI dan MASTA ini dilaksanakan yaitu membantu para mahasiswa baru UNIMUS agar memiliki kemampuan beradaptasi dengan kehidupan kampus UNIMUS dan segala isi dan lingkungannya, baik bidang akademik maupun non-akademik.”

Untuk mendukung program tersebut UNIMUS telah mempersiapkan kegiatan pengembangan kompetensi mahasiswa yang meliputi kompetensi agama, kompetensi kepribadian, kompetensi kepemimpinan dan kompetensi bahasa (Inggris dan Arab) khususnya bagi mahasiswa yang mengikuti program UNIMUS Residence di Rumah Susun Sewa Mahasiswa.

Senator UNIMUS  dalam Penerimaan Mahasiswa Baru 2012/2013Mulai tahun akademik 2010/2011 UNIMUS juga membuka 19 program studi dibawah 8 fakultas yaitu Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas MIPA, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Budaya dan Bahasa Asing, Fakultas Ilmu Keperawatan dan Kesehatan, Fakultas Kedokteran  serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.[Sukojo]

About admin