Templates by BIGtheme NET
Home / 2nd FBBA ENGLISH FESTIVAL 2015 “Facing the Future without Leaving The Ancient”

2nd FBBA ENGLISH FESTIVAL 2015 “Facing the Future without Leaving The Ancient”

English Festival 2015

FBBA ENGLISH FESTIVAL UNIMUS  “Facing the Future without Leaving The Ancient”
Merupakan kegiatan besar Fakultas Bahasa dan Budaya Asing Universitas Muhammadiyah Semarang.berupa serangkaian perlombaan bahasa inggris untuk siswa SMA/SMK/ sederajat dan tingkat prodi UNIMUS.

Kegiatan ini sebagai wadah mengukur kemampuan pelajar dalam menyampaikan gagasan dan keterampilan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Tidak bisa dipungkiri bahwa keterampilan komunikasi dalam bahasa Inggris telah menjadi salah satu syarat  bagi SDM dalam meniti karir di era modern ini.

Jenis lomba tersebut untuk tingkat SMA/SMK Sederajat adalah Speech Contest, Short Story Telling, Short Story Writing, English Singing Contest, dan English Wall Magazine, sedangkan untuk tingkat prodi se – UNIMUS adalah English Singing Contest.

Pendaftaran dibuka mulai 1 Februari-  7 Maret 2015.Technical Meeting 7 Maret 2015. Pelaksanaan kegiatan Sabtu dan Minggu, 14 dan 15 Maret 2015 di Gedung NRC UNIMUS, Jalan Raya Kedungmundu 18, Semarang. Ini adalah kali kedua FBBA English Festival diselenggarakan. Tahun ini FBBA English Festival mengambil tema “Facing the Future without Leaving The Ancient”. Tema tersebut diambil sebagai salah satu upaya mengingatkan  kembali sejarah kita, sejarah bangsa kita sebagai langkah untuk menatap masa depan.

2nd FBBA ENGLISH FESTIVAL 2015“Facing The Future without Leaving The Ancient”

Sejarah merupakan urutan peristiwa yang saling terkait. Sejarah disini bukan hanya tentang sejarah secara umum mengenai perjuangan, kemerdekaan, tokoh pahlawan, asal usul bangsa atau tempat, tetapi juga kejadian pribadi yang menjadikan itu suatu pembelajaran hidup. Satu peristiwa pada masa kini tak lepas dari peristiwa waktu sebelumnya. Perjalanan seseorang yang mencapai sukses saat ini tidak lepas dari sejarah masa lalunya. Masa lalu yang menyimpan  berbagai kejadian merupakan bagian dari proses yang harus dilalui seorang yang menggapai kesuksesan masa kini.

Masa depan dan sejarah merupakan satu kesatuan yang  tidak dapat dipisahkan.  Tidak ada salahnya menatap kembali sejarah di masa lampau  pada era seperti sekarang ini. dengan mengenangnya kita sudah bersikap untuk tidak melupakan sejarah. Lihat kebelakang, masa lalu tidak selamanya buruk, namun masa lalu mengajarkan kita banyak hal dan pelajaran yang dibawa sebagai bekal di masa depan.

Berikut adalah perlombaan dalam 2nd FBBA English Festival 2015.

Tingkat SMA/SMK sederajat

 Speech Contest

Speech Contest merupakan lomba pidato berbahasa inggris yang bertemakan sejarah. Dalam lomba pidato berbahasa inggris ini masing-masing peserta diberi waktu selama 7 menit. Naskah pidato dibuat oleh peserta dan wajib menyerahkan naskah asli kepada juri sebelum perlombaan dimulai. Dilarang membaca keseluruhan naskah pidato dan diperbolehkan membawa catatan kecil.
•Short Story Telling

Merupakan lomba bercerita berbahasa inggris yang bertemakan sejarah. Sejarah yang dimaksud adalah baik yang berhubungan dengan hal pribadi ataupun hal yang sudah umum. Peserta yang bercerita menggunakan alat peraga akan mendapatkan nilai tambahan dalam penilaian. Durasi dalam lomba ini maksimal 15 menit.
•Short Story Writing

Short Story Writing merupakan lomba menulis cerpen bahasa inggris yang bertemakan sejarah.Naskah cerpen yang dilombakan merupakan karya asli perorangan, ditulis menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar dan belum pernah dipublikasikan dimanapun. Panjang cerpen kurang dari 10.000 kata. Naskah diketik dengan jenis huruf times new roman, spasi 1,5. Margin top : 3cm, Left : 3cm, bottom : 4cm, right : 4 cm.

Naskah yang sudah dikirim menjadi milik panitia dan tidak dapat ditarik kembali. Naskah yang keluar sebagai juara akan dipublikasikan di web resmi FBBA UNIMUS di fbba.unimus.ac.id. Naskah yang tidak keluar sebagai juara namun memiliki kualitas isi yang baik juga akan dipertimbangkan untuk dipublikasikan di web resmi FBBA UNIMUS. Para penulis akan dihubungi oleh panitia perihal publikasi tersebut sebelumnya. FBBA UNIMUS berhak mengubah dan menyesuaikan format dan isi naskah yang akan dipublikasikan di website resmi FBBA UNIMUS sesuai dengan ketentuan dan aturan yang berlaku di UNIMUS.
•English Singing Contest

Merupakan lomba bernyanyi lagu berbahasa Inggris. Saat perlombaan, setiap peserta memilih salah satu lagu dari pilihan lagu yang telah ditentukan oleh panitia. Lomba dilakukan dalam satu tahapan penampilan. Masing-masing peserta diperkenankan menyiapkan minus one (Midi) dengan nada dasar sesuai dengan peserta.Berikut adalah daftar lagu-lagu yang diperlombakan :

» Bruno mars – Grenade

» John Legend – All of me

» Christina Perry – Jar of Heart

» John Lenon – Imagine

» Bryan Adam – Heaven

» Christina Aguilera – Hurt

» Adelle – One and Only

» Secondary Serenade – Fix You

» Celine Dion – The Power of Love

» Demi Lovato – Let It Go
•English Wall Magazine

Merupakan lomba membuat mading berbahasa inggris. Lomba ini dikerjakan dalam tim. Setiap tim terdiri dari 3 orang. Peserta dapat menempelkan artikel, berita, puisi, syair lagu ataupun item-item yang memungkinkan mempunyai korelasi dengan tema kegiatan yaitu sejarah. Durasi waktu yang diberikan dalam lomba ini yaitu 4 jam.
Tingkat Prodi se-UNIMUS English Singing Contest

Merupakan lomba menyanyi lagu berbahasa Inggris. Saat perlombaan, setiap peserta memilih salah satu lagu dari beberapa lagu yang telah ditentukan oleh panitia sebelumnya.Lomba dilakukan dalam satu tahapan penampilan.Masing-masing peserta dipersilakan menyiapkan minus one (Midi) dengan nada dasar sesuai dengan peserta.

 

 

 

PETUNJUK PELAKSANAAN UMUM

♣Setiap sekolah berhak mengirimkan 1 siswa/siswi untuk mengikuti satu jenis perlombaan, kecuali untuk jenis perlombaan English Wall Magazine setiap sekolah berhak mengirimkan 1 tim yang terdiri dari 3 siswa/siswi.

♣Pendaftaran dibuka mulai tanggal 01 Februari – 07 Maret 2015

♣Tempat pendaftaran di Kampus D Unimus, Jalan Kasipah 12 Semarang. Contact person : Banjar (085713405707); Tyas (089614554897); Winda (085727116766). Pendaftaran juga dapat melalui email: englishfestival.fbba@gmail.com

♣Temu Teknis tanggal 7 Maret 2015 di Gedung NRC  UNIMUS  Jalan Kedungmundu Raya 18 Semarang.

♣Pelaksanaan lomba pada tanggal 14-15 Maret 2015 di Gedung NRC UNIMUS Jalan Kedungmundu Raya 18 Semarang

♣Pengumuman pemenang & penyerahan hadiah dilaksankan pada acara puncak tanggal 15 Maret 2015 di Gedung NRC UNIMUS Jalan Kedungmundu Raya 18 Semarang dan diunggah ke website FBBA UNIMUS di http://www.fbba.unimus.ac.id

Syarat peserta dan ketentuan umum

 •Peserta adalah pelajar tingkat SMA/SMK/Sederajat.

 •Wajib membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 30.000,00 dan khusus lomba English Wall Magazine diwajibkan membayar Rp.     35.000,00.

 •Seluruh peserta wajib mengirimkan formulir pendaftaran dan mencantumkan @1 lembar pasfoto (3×4) warna +  1 lembar fotokopi kartu tanda pelajar yang masih berlaku + surat rekomendasi dari sekolah.

 •Seluruh peserta atau yang mewakili wajib hadir pada saat Temu Teknis yang dilaksanakan pada tanggal 7 Maret 2015 di Gedung NRC UNIMUS  Jalan Kedungmundu Raya 18 Semarang.

 •Bagi peserta/sekolah yang diketahui berbuat curang dan atau memalsukan identitas, akan didiskualifikasikan dari  keikutsertaan seluruh lomba. Apabila memperoleh juara, maka akan dibatalkan dan juara diberikan kepada runner up,dst.

 •Peserta wajib datang tepa twaktu sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Tenggang waktu ketelambatan peserta/tim adalah 15 menit. Lebihdari 15 menit tanpa ada kejelasan/konfirmasi kepada panitia maka peserta akan didiskualifikasi dan atau dianggap kalah.

 •Seluruh peserta wajib memenuhi persyaratan kelengkapan sebagai peserta selambat-lambatnya pada saat temu teknis tanggal 7Maret 2015 pukul 8.00 – selesai di gedung NRC unimus lantai 4 ruang 408.

Info lebih lanjut di laman FBBA UNIMUS http://www.fbba.unimus.ac.id atau CP: Banjar (085713405707)Tyas (089614554897)Winda (085727116766) atau melalui email: englishfestival.fbba@gmail.com.

 Kuota Lomba

 Speech contest : 30 Peserta

Short story writing : 30 peserta

Short story telling : 30 peserta

English Wall Magazine : 20 tim

English Singing contest : 30 peserta

English Singing contest tingkat prodi UNIMUS : 30 peserta

Pendaftaran kami tutup jika kuota lomba sudah penuh

Catatan :

Informasi dan ketentuan lebih lengkap akan kami sampaikan saat temu teknis.Informasi dapat berubah sesuai kebijakan kami.

Jika ada Informasi terbaru akan kami publikasikan

Jika kurang jelas silakan menghubungi Contact person kami :

Banjar (085713405707); Tyas (089614554897); Winda (085727116766) atau melalui email:englishfestival.fbba@gmail.com.

About admin